Rabu, 24 September 2008

Kawah Ijen/Ijen Crater


Kawah ijen merupakan bagian dari pegunungan ijen yang terletak di perbatasan kabupaten bondowoso dan banyuwangi, tepatnya 70 Km dari kota bondowoso. Selain terkenal sebagai tempat wisata alam berupa pemandangan kawah , kawah ijen dikenal pula sebagai tambang belerang alami. Tempat ini sangat cocok sekali untuk penggemar hiking karena medannya yang menarik namun tidak terlalu berat. Dari pos penjagaan/area parkir, jarak ke kawah ijen hanya 3 kilometer saja. Namun jarak ini harus kita tempuh kurang lebih 1 – 1,5 jam perjalanan kaki karena medannya yang menanjak. Jika anda ingin bermalam, tidak perlu khawatir karena terdapat penginapan dengan tarif 80rb/kmr atau 350rb untuk satu rumah panggung (3 – 5 kamar). Atau jika kita ingin lebih merasakan suasana petualangan, bisa kita tidur di pondok wisata yang memang disediakan untuk pengunjung yang ingin berkemah.
Berkemah di kawah ijen memberikan pengalaman tersendiri, kita dengan mudah akan menemui ayam hutan berkeliaran di depan kita atau terkadang rusa terlihat di kejauhan. Suhu udara di areal perkemahan di malam hari rata-rata 5-6 derajat celcius, bahkan pada bulan agustus bisa mencapai -3 derajat celcius. So, pastikan perlengkapan pendukung selalu kita bawa.
Angkutan ke kawah ijen dapat dimulai dari terminal bondowoso, dengan menumpang angkutan umum berupa colt bison atau elf dengan jurusan sempol. Tidak usah kaget apabila dalam perjalanan mobil akan dipenuhi dengan banyak penumpang dan seabrek barang sampai2 diatas atap mobil. Perjalanan dari bondowoso menuju sempol ditempuh kurang lebih 2 jam dengan melewati area persawahan, hutan jati milik perhutani maupun perkebunan kopi PTPN. Dari sempol kita bisa teruskan dengan naik ojek hingga kawah ijen. Sebenarnya kalau kita bersama rombongan sopir colt dapat dipastikan mau mengantar sampai ke kawah ijen, sekaligus menjemput saat kita akan pulang. Namun jika hanya sendirian, kebanyakan sopir tidak bersedia mengantar sampai kawah ijen.
Perlu kita perhatikan bersama, selama kita berwisata di kawah ijen atau manapun pastikan kita tidak merusak lingkungan dengan cara membung sampah sembarangan, vandalisme, menebang pohon dan berburu binatang liar.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah cukup menarik juga ya...
boleh dicoba nich kapan-kapan jalan-jalan ke kawah ijen....
masrama

fita wiranti mengatakan...

Terima Kasih Buat Informasi nya Mas....karena kebetulan saya dan 3 orang teman juga berencana akan ke Kawah Ijen Bulan May 2010 ini.

Mau sedikit nanya nih Mas, rencana nya kami akan ke Kawah Ijen setelah dari Bromo (menggunakan angkutan umum), bagaimana ya angkutan umum dari bromo ke kawah ijen dan kami harus turun di mana saja, lalu ada gak jam terakhir angkutan umum yang dimaksud itu beroperasi? dan kalau sudah di luar jam operasi nya, alternatif angkutan umum atau kendaraan apalagi yang bisa kami gunakan untuk sampai ke kawah ijen?

terima kasih banyak mas untuk pencerahan nya.

Tabik,
fita

Rinto mengatakan...

Thanks juga. Dari Terminal Probolinggo bisa ambil bis jurusan Bondowoso. Sampai Terminal Bondowoso dilanjutkan angkutan bison/elf jurusan sempol. Kalau empat orang biasanya bisa langsung diantar ke kawah ijen. Jam terakhir sekitar 15.00 WIB. Diluar jam itu bisa cari angkutan pedesaan ke pasar sumberwringin dan naik ojek atau sewa pickup ke sempol dan kawah ijen. Saran saya lebih baik atur jadwal agar tidak kesulitan transportnya. Hubungi saya jika ada kesulitan saat di bondowoso.