Kamis, 25 September 2008

Ayo Ke Bondowoso

Kabupaten bondowoso berada di antara 3 kabupaten tetangga, yaitu probolinggo, jember dan banyuwangi. Letaknya yang diapit oleh dua pegunungan besar, argopuro dan raung membuat kondisi topografi bondowoso relative berbukit dan sejuk. Untuk mencapai kota bondowoso dapat melalui empat jalur antara lain melalui jember, melalui besuki (via arak-arak), melalui situbondo dan jalur alternative dari banyuwangi (via pegunungan ijen).

Mayoritas penduduk di bondowoso adalah petani, dan sebagian besar adalah petani tradisional yang membudidayakan tanaman pangan seperti padi dan jagung. Dibeberapa daerah tertentu bondowoso dikenal sebagai penghasil tembakau berkualitas. Sedangkan daerah selatan (Kec. Tlogosari, sukosari, sempol) dikenal sebagai pusat sayur-sayuran. Sayuran yang diusahakan bermacam jenis namun yang paling banyak adalah tomat, cabe, kubis dan bermacam sayuran lain. Bondowoso mempunyai tomat varietas local yang dikenal dengan sebutan ranti. Bentuknya seperti tomat berukuran kecil namun bentuk tidak bulat namun bergerigi dan kandungan airnya cukup tinggi. Tomat ini sangat digemari di pasaran local melebihi tomat yang biasa kita kenal. Sedangkan kubis banyak ditanam didaerah sempol dan sukosari yang memang termasuk wilayah pegunungan raung.

Penduduk kota dengan jajanan khasnya tape ini mayoritas adalah keturunan suku madura, hanya sebagian kecil saja yang bersuku jawa dan lainnya sebagai pendatang. Kalau anda datang ke bondowoso, sempatkan untuk membeli oleh-oleh berupa tape. Kualitas singkong dari daerah wringin arak-arak yang kering membuat rasa dan tekstur tape menjadi sangat nikmat dan harum. Toko oleh-oleh tersebar di sepanjang pecinan di pusat kota. Atau kalau anda penikmat wisata kuliner datang ke Jl.RE Martadinata saat sore hari, di sepanjang jalan akan bermunculan warung kaki lima dengan beraneka macam menu masakan yang menggugah selera. Jadi kalau anda berlibur ke Pulau Bali, atau kebetulan bepergian ke Jember, Probolinggo maupun Banyuwangi tidak ada salahnya untuk mampir ke Bondowoso.

Tidak ada komentar: